Membangun Media Pembelajaran Makna Selisih dengan AR
Pembelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa. Hal ini dikarenakan, objek pada matematika adalah abstrak. Kondisi ini mengharuskan guru sebagai pendidik, dapat mendesain pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran, sehingga, objek yang abstrak dapat diminimalisir dengan hadir media pembelajaran.
Media pembelajaran yang didesain hendaknya dapat memotivasi siswa untuk belajar. Media pembelajaran juga hendaknya dapat menghadirkan objek matematika (konsep) dalam kehidupan sehari-hari ke dalam kelas. Salah satu platform yang memungkin untuk membuat media pembelajaran seperti menghadirkan objek-objek 2 Dimensi atau 3 Dimensi di depan mata adalah Augmented Reality (AR).
Salah satu materi pelajaran yang dibelajarkan di kelas 1 SD adalah materi pengurangan, pada materi pengurangan siswa kan mempelajari tentang makna selisih. Pada kesempatan ini, akan diperagakan bagaimana cara memdesain media pembelajaran makna selisih berbasis AR.
Tampilan akhirnya, seperti terlihat di bawah ini
Konsep matematika yang akan dipelajari adalah: Siswa dapat memahami makna selisih dari dua kelompok benda (mobil merah dan mobil biru)
Langkah ke-1
Menentukan alasan, alasannya diambil dari asset AR, untuk membuat alasan menggunakan 2 asset yang sama, (Pilhan lantai terserah). Seperti terlihat pada gambar di bawah ini
Komentar
Posting Komentar