Membangun Media Pembelajaran Makna Selisih dengan AR

Pembelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa. Hal ini dikarenakan, objek pada matematika adalah abstrak. Kondisi ini mengharuskan guru sebagai pendidik, dapat mendesain pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran, sehingga, objek yang abstrak dapat diminimalisir dengan hadir media pembelajaran. 

Media pembelajaran yang didesain hendaknya dapat memotivasi siswa untuk belajar. Media pembelajaran juga hendaknya dapat menghadirkan objek matematika (konsep) dalam kehidupan sehari-hari ke dalam kelas. Salah satu platform yang memungkin untuk membuat media pembelajaran seperti menghadirkan objek-objek 2 Dimensi atau 3 Dimensi di depan mata adalah Augmented Reality (AR).

Salah satu materi pelajaran yang dibelajarkan di kelas 1 SD adalah materi pengurangan, pada materi pengurangan siswa kan mempelajari tentang makna selisih. Pada kesempatan ini, akan diperagakan bagaimana cara memdesain media pembelajaran makna selisih berbasis AR.

Tampilan akhirnya, seperti terlihat di bawah ini



Konsep matematika yang akan dipelajari adalah: Siswa dapat memahami makna selisih dari dua kelompok benda (mobil merah dan mobil biru)

Langkah ke-1

Menentukan alasan, alasannya diambil dari asset AR, untuk membuat alasan menggunakan 2 asset yang sama, (Pilhan lantai terserah). Seperti terlihat pada gambar di bawah ini



Langkah ke-2
Buat setingan jalan, menggunakan asset yang terdapat pada library AR, seperti terlihat pada gambar di bawah ini


Langkah ke-3: 
Tambahkan obyek mobil (mobil merah dan biru) yang diambil dari library AR. Kemudian disusun rapi, terkesan mobilnya sedang parkir (Mobil merah sebanyak 6 unit ditambah 1 unit belum parkir dan mobil biru 6 unit). Seperti terlihat pada gambar:




Langkah ke4:
Tambahkan accessories pohon, lampu lalu lintas, dan gedung mall, cone dan lain-lain, seperti terlihat pada gambar di bawah ini


Langkah ke5:
Menambahkan add interaktivity, menggunakan tombol Mulai sebagai trigger  untuk menggerakkan mobil yang berhenti ditengah jalan, dan mobil kuning yang diletakkan di belakangnya, seolah-olah adegannya akan terjadi tabrakan. Ditambah Pak Momo, terkesan sedang mengarahkan mobil untuk parkir ke tempat yang benar. Kemudian menambahkan teks, pertanyaan lebih banyak mana, mobil merah atau mobil biru.

Langkah ke-6:
Untuk menambahkan kesan malam, ubah backgroun menjadi hitam dan tambahkan objek bulan


Selamat mencoba!!!





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Augmented Reality untuk Mendesain Pembelajaran Bilangan Lebih Banyak dari 20