Merancang Media Pembelajaran Pengurangan (2) Kelas 1 SD berbasis Augmented Reality
Salah satu materi yang dibelajarkan di kelas 1 SD adalah materi pengurangan.
Pengurangan merupakan operasi aritmetika dasar yang merupakan kebalikan dari
penjumlahan. Oleh karena itu untuk memudahkan pemahaman konsep pengurangan,
peserta didik diharapkan telah memahami konsep penjumlahan. Materi pengurangan
di kelas 1 SD merupakan materi pengulangan bilangan bulat.
Karena pengurangan
merupakan kebalikan dari penjumlahan, maka operasi mengurangi dapat diartikans
sebagai menambah dengan lawan pengurangnya. Pada pengurangan bilangan bulat,
mengurangi dengan suatu bilangan sama artinya dengan menambah dengan lawan
pengurangnya. Bila suatu bilangan bulat disimbolkan dengan p dan bilangan bulat lainnya adalah q, maka pengurangan p dan q dapat dinyatakan dengan p - q = p + (-q)
Operasi hitung matematika, penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan perpangkatan adalah merupakan konsep abstrak. Untuk itu diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang meminimalisir objek yang abstrak. Salah satu pendekatan pembelajaran tersebut adalah dengan memanfaatkan media dalam pembelajaran, termasuk dalam mempelajari materi pengurangan.
Pada tulisan ini akan disampaikan bagaimana mendesain media pembelajaran matematika, khususnya pengurangan (2), Ide ini bersumber dari Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika untuk kelas 1 SD. Kurikulum Operasi Sekolah Penggerak (KOSP) berbasis Augmented Reality.
Langkah 1: Mengatur lantai dan dinding (Perhatikan Koordinat pada Kotak Edit Transform)
Langkah 2: Tambahkan objek lain (atur sesuai dengan selera)
Langkah 3: Tambahkan objek gambar yang diambil dari Buku BSE (Halaman: 102)
Untuk memperindah gambar, hilangkan background gambar, Untuk menghilangkan background gambar menggunakan aplikasi website penghapus background, remove.bg. Pisahkan gambar menjadi 3 bagian, namai dengan gambar 1, gambar 2 dan gambar 3. Kemudian upload gambar 1, kemudian letakkan posisi X = 0, Y = 13000 dan Z = 18,5 (Hal ini dilakukan agar objek tidak terlihat, supaya mudah untuk melakukan add interaktivity). Tambahkan tombol sebagai pemicu untuk menampilkan obyek. Tombol Next diawal tidak dimunculkan. dan setelah diklik tombol merah hilang.
Langkah 3: Menambahkan add interactivity (Move) pada tombol merah, untuk menunjukkan gambar 1 dan angka 10 dan 2. Juga tambol Next untuk pindah ke scene ke-2 dan ke-3
Langkah 4: Tambahkan 2 scene, lakukan dengan cara menduplikasi scene 1. Kemudian upload gambar 2. Tambahkan add interactivy pada tombol Next untuk pindah ke scene 3
Langkah 5: Lakukan langkah 4, namun sekarang yang diupload adalah gambar 3, letakkan posisinya sama persis dengan gambar 1 dan gambar 2. Munculkan tombol Prev dan berikan add interactivy agar dapat kembali ke scene 1
File jadinya dapat dilihat pada link di bawah ini.
Komentar
Posting Komentar