Augmented Reality untuk Mendesain Pembelajaran Bilangan Lebih Banyak dari 20

Bilangan adalah konsep matematika berupa angka yang dinyatakan dalam bentuk simbol-simbol, seperti angka lima dinyatakan dengan 5, angka sembilan disimbolkan dengan 9. Sementara bilangan merupakan gabungan dari angka, contoh bilangan sepuluh dinyatakan dengan 10 adalah gabungan dari angka 1 dan 0. Bilangan 25 adalah gabungan dari angka 2 dan 5. Dalam kehidupan sehari-hari, konsep angka dan bilangan sering dimanfaatkan. Misalnya: Bilangan nol, bilangan bulat, bilangan asli, bilangan cacah, bilangan prima, bilangan pecahan, bilangan rasional dan irasional. 

Pemahaman konsep tentang bilangan merupakan kompetensi yang wajib dikuasai siswa. Karena, implementasi bilangan dalam kehidupan sehari-hari sangatlah berguna dan berarti. Oleh karena itu, materi bilangan sudah dibelajarkan sejak siswa kelas 1 SD. Namun, membelajarkan bilangan kepada siswa SD, khususnya kelas 1, bukanlah pekerjaan yang mudah. Disamping, siswa kelas 1 baru awal mempelajari bilangan, juga angka dan bilangan merupakan objek yang abstrak. Oleh karena itu, dalam pembelajaran matematika, dibutuhkan media yang menarik, yang menampilkan gambaran kehidupan sehari-hari, sehingga materi matematika mudah dimengerti.

Media pembelajaran yang dapat menghadirkan situasi/lingkungan nyata didalam gengaman (handphone) saat ini sangat mungkin sekali diwujudkan yaitu dengan menggunakan Augmented Reality.. Di bawah ini akan disampaikan ide membangun media pembelajaran untuk mata pelajaran matematika, kelas 1 SD. Gagasan ini terinspirasi dari buku pegangan siswa, buku siswa yang didesain khusus untuk sekolah penggerak, halaman  83. Sebagai berikut:

Langkah 1:

Mendesain lantai, silahkan unggah aset yang sesuai selera (pada media ini menggunakan aset terrain 1), tambahkan juga obyek jalan (objek diambil dari library AR). seperti terlihat pada gambar.



Langkah 2:

Tambahkan obyek pohon dari folder Nature, kemudian tambahkan objek rumah,ambil dari folder Halloween Props 1













Tampilan gambar akan seperti terlihat di bawah ini.



Langkah 3:
Tambahkan obyek City Builiding dan duplikasi obyek tersebut, kemudian letakkan seolah-oleh tiang pagar dan letakkan di antara jalan. Kemudian tambahkan obyek gambar (gambar terlihat pada gambar di bawah ini, diambil dari buku matematika kelas 1, buku pegangan,  siswa, halaman 83)















Crop gambar bagian 5, dan ambil gambar yang memuat 3 baris bilangan, kemudian letakkan di atas tiang penyangga, Seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


Langkah 4:
Tambahkan obyek-obyek lain, supaya lingkungan terlihat lebih natural. Letakkan juga, kalimat Selamat Datang di Kampung Matematika dan letakkan di atas papan barisan bilangan. seperti terlihat pada gambar di bawah ini.





Langkah 5:
Tambahkan obyek pintu gerbang, mobil dan dua orang yang seolah-olah berbincang-bincang kebingungan karena mau masuk, tapi tidak bisa. Tambahkan 3 bilangan yaitu 17, 22 dan 30. Obyek-obyek ini akan digunakan sebagai obyek animasi yang akan dilakukan dengan menggunakan fitu add interactivity.



Langkah 6:
Menambahkan efek animasi ada obyek bilangan 22, pintu pagar, 2 orang yang berdiri di depan mobil dan mobil.
  1. Animasi angka 22, pertama letakkan angka 22 pada tempat yang jauh, atur dan masukkan nilai position seperti terlihat pada gambar, kemudian klik angka 22 yang terletak berdekatan dengan angka 17 dan 30, kemudian pilih add interactivity, pilih move dan atur position dengan x = 10, Y = 22,5 dan Z = 2,5



2. Tambahkan add interactifity, untuk pagar, atur seperti terlhat pada gambar di bawah ini

3. Tambahkan animasi hide untuk obyek pria dan wanita yang berdiri di depan mobil, Sedangkan untuk mobil dianimasi maju bergerak, setelah obyek pria dan wanita dan pintu pagar terbuka.
Seting durasi dan waktu awal animasi seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


Link file : http://asblr.com/WR7qS
atau silahkan scan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membangun Media Pembelajaran Makna Selisih dengan AR